Search

Tes Psikologi: 16 Tipe Kepribadian


Untuk menentukan tipe kepribadian, berikut akan disorot masing-masing 4 ciri kepribadian. Pilih yang mana di antara kedua kelompok pernyataan (1 atau 2) yang cocok dengan Anda.

Dari kelompok pernyataan-pernyataan di bawah, anda harus memilih salah satu (pernyataan 1 atau 2) yang paling cocok dengan anda--hingga diperoleh empat (4) pernyataan pilihan untuk setiap point.

Keterangan:
I   = Ekstrovert atau introvert?
II  = Sensorik atau intuitif?
III = Pemikir atau perasa?
IV = Pemantau atau penilai?
P1 = Pernyataan 1
P2 = Pernyataan 2

Misal:
Pilihan anda untuk point "Ekstrovert atau Introvert?" adalah Pernyataan 2, maka tulis saja atau lambangkan dengan I - P2
Kemudian untuk "Sensorik atau Intuitif?" anda memilih Pernyataan 1, cukup lambangkan dengan II - P1
(begitu seterusnya hingga point ke 3, 4)


I. Ekstrovert atau Introvert?

Manakah pernyataan-pernyataan berikut yang lebih cocok dengan Anda?

Pernyataan 1
  • Saya lebih senang ada banyak orang di sekitar saya.
  • Perhatian saya mudah teralihkan.
  • Saya merasa mudah mendekati orang lain dan menjalin hubungan baru.
  • Saya sering membuat keputusan-keputusan seketika.
  • Saya lebih senang berada di pusat sesuatu; saya memiliki banyak teman dan menyukai kegiatan dan ditemani.
  • Saya senang mengatur waktu luang saya dengan aktif dan bersama-sama dengan orang lain.
  • Saya tidak pernah membiarkan orang lain meragukan pikiran dan pendapat saya.
  • Perasaan-perasaan saya persis seperti saya--penuh semangat dan spontan.
  • Liburan bersama atau bepergian bersama sekelompok teman baik adalah hal yang tepat bagi saya.
  • Saya lebih senang mendiskusikan masalah dengan orang lain.

Pernyataan 2
  • Saya butuh banyak waktu untuk sendiri.
  • Saya dapat berkonsentrasi pada masalah yang sedang dihadapi.
  • Saya tipe yang lebih pendiam dan menjajaki hubungan baru dengan hati-hati.
  • Saya berpikir masak-masak sebelum bertindak.
  • Saya bukan orang yang menggemari pesta besar; saya lebih menyukai malam yang tenang dengan beberapa teman baik.
  • Saya suka menghabiskan waktu luang sendirian dengan melamun.
  • Hanya sedikit orang yang tahu apa yang sesungguhnya saya pikirkan.
  • Saya tidak mudah marah.
  • Gagasan saya mengenai liburan idaman lebih ke arah perjalanan sendirian; mungkin ke suatu pulau sepi atau perjalanan menjelajah pegunungan.
  • Jika sesuatu membebani pikiran saya, saya segera mencoba mengatasinya sendiri.


II. Sensorik atau Intuitif?

Manakah pernyataan-pernyataan berikut yang lebih cocok dengan Anda?

Pernyataan 1
  • Ketika membuat keputusan, saya membiarkan diri dibimbing oleh kelima indra saya.
  • Saya tidak suka menggantungkan diri pada peruntungan.
  • Semboyan saya adalah: bukti bahwa puding itu nyata terletak pada saat kita memakannya.
  • Saya lebih suka bekerja secara praktek.
  • Saya biasanya tidak keberatan berbagi ruang dan waktu pribadi dengan orang lain.
  • Saya suka bergulat dengan masalah nyata sehari-hari.
  • Ketika bekerja, kekuatan saya antara lain adalah kesabaran dan ketelitian.
  • Secara keseluruhan, saya puas dengan kehidupan saya.
  • Yang paling penting dari segalanya, saya hidup dalam kekinian.

Pernyataan 2
  • Ketika membuat keputusan, saya membiarkan diri dibimbing oleh intuisi saya.
  • Saya tidak suka ketika semua hal bisa diketahui sebelumnya dengan tepat.
  • Saya memikirkan masalah secukupnya dalam mencari penyelesaian.
  • Saya lebih suka bekerja secara teoritis. Saya membutuhkan ruang pribadi sendiri dan banyak waktu untuk diri sendiri.
  • Saya menikmati memulai sesuatu yang baru – saya dengan cepat menjadi bosan dengan proyek-proyek lama.
  • Orang bisa mengatakan bahwa saya memiliki sifat filosofis.
  • Saya lebih suka bekerja secara garis besar – tapi hasilnya biasanya tetap baik.
  • Saya selalu mencari ide-ide baru dan kemungkinan-kemungkinan pengembangan.
  • Saya sering memikirkan masa depan.


III. Pemikir atau Perasa?

Manakah pernyataan-pernyataan berikut yang lebih cocok dengan Anda?

Pernyataan 1
  • Keputusan saya biasanya dilandaskan pada pertimbangan-pertimbangan logis.
  • Dalam pekerjaan saya, diperlukan pemikiran analitis dan tindakan yang masuk akal.
  • Saya biasanya melontarkan pendapat jujur saya.
  • Banyak yang menganggap saya terlalu kaku karena tidak membiarkan satu kesalahan pun terjadi.
  • Saya tidak selalu tahu perkembangan dalam lingkaran teman dan kenalan saya.
  • Saya cukup dapat menerima ketika seseorang mengkritik saya atau tidak menyukai saya.
  • Berkata-kata halus bukanlah keahlian saya; seharusnya orang langsung saja mengatakan apa yang mereka inginkan.
  • Saya menyukai diskusi dan bahkan berdebat demi sesuatu.
  • Yang paling penting dari segalanya, saya membiarkan diri dibimbing oleh otak saya.
  • Saya tidak menyukai ledakan emosional baik oleh diri saya sendiri maupun orang lain.

Pernyataan 2
  • Saya lebih banyak melandaskan keputusan saya pada naluri.
  • Saya suka bekerja dengan orang lain dan tidak memiliki masalah berempati dengan mereka serta menanggapi mereka.
  • Saya berusaha untuk tidak menyakiti orang lain dengan kata-kata saya.
  • Saya lebih suka memusatkan diri pada sisi-sisi positif seseorang dan tidak menganggap kelemahan sebagai hal yang terlalu buruk.
  • Saya selalu orang pertama yang ditelepon orang jika ada suatu hal baru yang ingin mereka ceritakan.
  • Saya agak sensitif dan cepat tersinggung. Saya dengan cepat bisa merasa jika ada sesuatu yang diucapkan secara tersirat.
  • Saya berusaha menghindari perselisihan karena keselarasan sangat penting bagi saya.
  • Saya mendengarkan perasaan-perasaan saya.
  • Perasaan adalah suatu hal yang penting dan harus selalu ditunjukkan.


IV. Pemantau atau Penilai?

Manakah pernyataan-pernyataan berikut yang lebih cocok dengan Anda?

Pernyataan 1
  • Saya suka menghadapi sesuatu sebagaimana datangnya.
  • Saya tidak merasa sulit mengerjakan beberapa hal pada waktu bersamaan.
  • Saya merasa sulit untuk tepat waktu, saya sering terlambat.
  • Saya bekerja untuk hidup dan bukan sebaliknya.
  • Semboyan saya adalah "yang jenius mengendalikan kekacauan".
  • Saya sering kesulitan membuat keputusan karena saya suka membiarkan semua kemungkinan terbuka.
  • Spontanitas dan keluwesan lebih penting ketimbang kaidah dan peraturan.
  • Sering terjadi saya tidak menyelesaikan pekerjaan hingga menit terakhir.
  • Saya sama sekali tidak tahu apa yang akan saya lakukan akhir pekan depan – tapi sesuatu pasti akan muncul.
  • Saya mempunyai kebiasaan buruk menunda-nunda - terutama hal-hal yang tidak menyenangkan.

Pernyataan 2
  • Saya lebih suka merencanakan segala sesuatunya di awal.
  • Memulai satu pekerjaan setelah yang sebelumnya selesai.
  • Saya biasanya tepat waktu dan dapat diandalkan – saya tidak suka ketika ada orang lain yang tidak tepat waktu.
  • Bekerja dulu baru bersenang-senang.
  • Saya lebih suka segala sesuatu berada pada tempat yang seharusnya.
  • Saya suka membuat keputusan yang cepat, jelas, dan berharap orang lain melakukan hal yang sama.
  • Saya butuh keteraturan dan struktur dan saya kesal jika orang lain tidak berkerja sesuai rencana.
  • Saya merencanakan pekerjaan dengan matang sehingga tidak panik dan terburu-buru di belakang.
  • Saya sudah tahu apa yang akan saya lakukan akhir pekan depan.
  • Saya lebih sering melakukan hal-hal yang tidak saya sukai lebih dahulu sehingga saya sudah melaluinya.


Berdasarkan kelompok pernyataan-pernyataan tersebut, jika anda sudah memilih salah satu dari setiap pernyataan (1 atau 2) yang paling cocok dengan anda--maka setiap pilihan pernyataan akan menentukan kepribadian anda (ikuti petunjuk di atas).

Analisa untuk setiap pilihan anda dikategorikan dalam 16 tipe kepribadian sebagai berikut.

01. Tipe Pelaku Bersemangat
(I - P1) (II - P1) (III - P1) (IV - P1)

02. Tipe Realis Bertekad
(I - P1) (II - P1) (III - P1) (IV - P2)

03. Tipe Realis Sosial
(I - P1) (II - P1) (III - P2) (IV - P2)

04. Tipe Idealis Terlibat
(I - P1) (II - P2) (III - P2) (IV - P2)

05. Tipe Idealis Penyelaras
(I - P2) (II - P2) (III - P2) (IV - P2)

06. Tipe Idealis Pemimpi
(I - P2) (II - P2) (III - P2) (IV - P1)

07. Tipe Pemikir Analitis
(I - P2) (II - P2) (III - P1) (IV - P1)

08. Tipe Pelaku Individualistis
(I - P2) (II - P1) (III - P1) (IV - P1)

09. Tipe Pemikir Dinamis
(I - P1) (II - P2) (III - P1) (IV - P2)

10. Tipe Idealis Spontan
(I - P1) (II - P2) (III - P2) (IV - P1)

11. Tipe Pelaku Peka
(I - P2) (II - P1) (III - P2) (IV - P1)

12. Tipe Realis Tepercaya
(I - P2) (II - P1) (III - P1) (IV - P2)

13. Tipe Pemikir Pendobrak
(I - P1) (II - P2) (III - P1) (IV - P1)

14. Tipe Pelaku Santai
(I - P1) (II - P1) (III - P2) (IV - P1)

15. Tipe Realis Baik Hati
(I - P2) (II - P1) (III - P2) (IV - P2)

16. Tipe Pemikir Mandiri
(I - P2) (II - P2) (III - P1) (IV - P2)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tes Psikologi: 16 Tipe Kepribadian"

Posting Komentar