Search

Bagaimana Menghipnotis Diri Sendiri?


Hipnotis ada 2 macam:
  1. Self hypnosis (hipnotis diri sendiri), yaitu seseorang yang bisa menghipnotis dirinya sendiri tanpa bantuan dari oranglain ataupun pakar hipnotis.
  2. Stage/street hypnosis, yaitu hipnotis yang dilakukan seseorang di atas panggung atau di jalan-jalan. Contohnya seperti hipnotis Romy Rafael atau Uya Kuya yang sering kita lihat di TV.

Kenapa Perlu Belajar Hipnotis?
Hipnotis/gendam memang bisa berdampak positif/negatif, namun kalau kita bisa mengendalikan diri tentu akan lebih banyak manfaatnya. Misalnya dengan Hypno Therapy, kita bisa membantu orang lain untuk mengobati berbagai penyakitnya, seperti asma, menghentikan kebiasaan buruk, phobia, dsb.

Hipnotis juga dapat membuat diri kita lebih percaya diri, memancarkan energi positif dari dalam diri. Atau hipnotis untuk mengatasi bad mood, jadi kita bisa menghibur diri sendiri maupun oranglain dengan melupakan masalahnya, dan masih banyak lagi. Baca Manfaat dan Pengaruh Hipnotis.

Tips Mudah Menghipnotis Diri Sendiri
  1. Cari tempat yang tenang, seperti di kamar atau tempat-tempat sepi lainnya.
  2. Lakukan senyaman mungkin, bisa dengan berbaring atau duduk dsb.
  3. Usahakan rileks, lakukan perlahan dan santai. Rasakan mulai dari kepala sampai kaki kita benar-benar rileks. Jika kamu sudah merasa rileks maka anggota tubuh akan terasa berat (lakukan kurang lebih 15 menit).
  4. Agar merasa lebih rileks dan santai lagi, coba hitung mundur dari 100-1, tapi setiap hitungan mundur katakan dalam hati; “Aku semakin rileks”, kemudian rasakan tubuh kita benar-benar rileks. Tarik nafas perlahan-lahan hingga mulai teratur.
  5. Jika kamu merasakan sudah sangat rileks, kita bisa berbicara dengan alam bawah sadar. Katakan apa yang ingin kamu katakan. Misalnya; ingin lebih percaya diri, ingin mandiri, ingin berhenti dari kebiasaan buruk, mencegah stres, dsb.

Catatan: Saat mengatakan sesuatu atau men-sugesti diri sendiri, tidak semua kata-kata bisa diterima oleh alam bawah sadar. Hal ini penting untuk diperhatikan agar kita berhasil menghipnotis diri sendiri. Yaitu jangan melawan arus bawah sadar, alam bawah sadar tidak kenal kata “tidak”.

Misalkan kita ingin berhenti merokok, maka jangan katakan; “Mulai besok saya tidak akan merokok lagi!”. Ingat jangan katakan “tidak” karena kata-kata itu tidak akan berpengaruh dalam proses self hypnosis.

Jadi kalau ingin berhenti merokok, katakan saja; “Mulai besok saya akan berhenti merokok!”

Nah, setelah selesai mengatakan apa yang ingin kita sematkan dalam alam bawah sadar, jangan lupa untuk membangunkan diri dari kondisi hipnotis. Caranya cukup dengan menghitung 1-10 sambil mengatakan; “Setiap hitungan berjalan maju saya akan menjadi pribadi seperti yang saya inginkan!” (sambil dibayangkan pribadi yang diinginkan itu seperti apa).[]

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bagaimana Menghipnotis Diri Sendiri?"

Posting Komentar