Menurut ahli Fisiologi dan Psikologi, ada empat warna primer yaitu: merah, kuning, hijau, dan biru. Setiap warna punya karakter dan sifat yang berbeda-beda. Bahkan sejak dulu warna diketahui mempunyai pengaruh terhadap manusia, namun baru belakangan ini penggunaannya telah dimanfaatkan secara meluas dalam dunia otomotif, busana, permainan dan sebagainya.
Berikut penjelasan warna dalam pandangan psikologi:
M E R A H
Warna ini melambangkan keadaan psikologi yang mengurangkan tenaga, mendorong makin cepatnya denyut nadi, menaikkan tekanan darah dan mempercepat pernafasan. Warna merah mempunyai pengaruh produktiviti, perjuangan, persaingan dan keberanian.
1. Merah Terang:
Warna ini melambangkan kekuatan kemauan atau cita-cita.
Sifatnya: Agresif, Aktif, Eksentrik.
Pengaruhnya: Berkemauan keras, penuh gairah, dominasi, jantan.
Warna ini melambangkan kekuatan kemauan atau cita-cita.
Sifatnya: Agresif, Aktif, Eksentrik.
Pengaruhnya: Berkemauan keras, penuh gairah, dominasi, jantan.
2. Merah Jambu:
Warna ini melambangkan romantisme, feminim. Warna ini juga mempunyai sifat menuntut dalam kepasrahan, menggemaskan dan jenaka.
Warna ini melambangkan romantisme, feminim. Warna ini juga mempunyai sifat menuntut dalam kepasrahan, menggemaskan dan jenaka.
Warna Merah kadang berubah arti jika dikombinasikan dengan warna lain. Merah dikombinasikan dengan Hijau, maka akan menjadi simbol Natal. Merah jika dikombinasikan denga Putih, akan mempunyai arti kebahagiaan di budaya Oriental.
B I R U
Warna ini melambangkan ketenangan yang sempurna. Mempunyai kesan menenangkan pada tekanan darah, denyut nadi, dan tarikan nafas. Sementara semua menurun, mekanisme pertahanan tubuh membangun organisme.
1. Biru Tua:
Warna ini melambangkan perasaan yang mendalam.
Sifatnya: Konsentrasi, kooperatif, cerdas, perasa, integratif.
Pengaruhnya: Tenang, bijaksana, tidak mudah tersinggung, banyak kawan.
Warna ini melambangkan perasaan yang mendalam.
Sifatnya: Konsentrasi, kooperatif, cerdas, perasa, integratif.
Pengaruhnya: Tenang, bijaksana, tidak mudah tersinggung, banyak kawan.
2. Biru Muda:
Warna ini melambangkan keanjalan dari cita-cita.
Sifatnya: Bertahan, protektif, tidak berubah pikiran.Pengaruhnya: Keras kepala, teguh, sering bangga diri, berpendirian tetap.
Warna ini melambangkan keanjalan dari cita-cita.
Sifatnya: Bertahan, protektif, tidak berubah pikiran.Pengaruhnya: Keras kepala, teguh, sering bangga diri, berpendirian tetap.
Respon Psikologi: Kepercayaan, Konservatif, Keamanan, Tehnologi, Kebersihan, Keteraturan. Banyak digunakan sebagai warna pada logo Bank di Amerika Serikat untuk memberikan kesan & kepercayaan.
K U N I N G
Warna ini melambangkan kegembiraan. Warna kuning mempunyai sifat leluasa dan santai, senang menunda-nunda masalah. Berubah-ubah tapi penuh harapan, mempunyai cita-cita setinggi langit dan semangatnya juga tinggi.
Kuning Terang:
Warna ini melambangkan sifat spontan yang eksentrik.
Sifatnya: Toleran, Investigatif, Menonjol.
Pengaruhnya: Berubah-ubah sikap, berpengharapan, dermawan, tidak percaya.
Warna ini melambangkan sifat spontan yang eksentrik.
Sifatnya: Toleran, Investigatif, Menonjol.
Pengaruhnya: Berubah-ubah sikap, berpengharapan, dermawan, tidak percaya.
Respon Psikologi: Optimis, Harapan, Filosofi, Ketidak jujuran, Pengecut (untuk budaya Barat), pengkhianatan.
Kuning adalah warna keramat dalam agama Hindu.
Kuning adalah warna keramat dalam agama Hindu.
H I J A U
Warna ini melambangkan adanya suatu keinginan, ketabahan dan kekerasan hati. Mempunyai kepribadian yang keras dan berkuasa. Warna ini mempunyai sifat meningkatkan rasa bangga, perasaan lebih superior dari yang lain. Orang yang menyukai warna ini umumnya senang dipuji, senang menasihati orang lain.
Respon Psikologi: Alami, Sehat, Keberuntungan, Pembaharuan.
Warna Hijau tidak terlalu sukses untuk ukuran Global, di Cina dan Perancis, kemasan dengan warna Hijau tidak begitu mendapat sambutan. Tetapi di Timur Tengah, warna Hijau sangat disukai.
Warna Hijau tidak terlalu sukses untuk ukuran Global, di Cina dan Perancis, kemasan dengan warna Hijau tidak begitu mendapat sambutan. Tetapi di Timur Tengah, warna Hijau sangat disukai.
A B U – A B U
Warna ini tidak menunjukkan arti yang jelas. Tidak terang dan sama sekali bebas dari kecenderungan psikologi. Warna ini cenderung neutral.
Respon Psikologi: Intelek, Masa Depan (kayak warna Milenium), Kesederhanaan, Kesedihan.
Warna Abu-abu adalah warna yang paling gampang/mudah dilihat oleh mata.
Warna Abu-abu adalah warna yang paling gampang/mudah dilihat oleh mata.
H I T A M
Warna ini melambangkan kehidupan yang terhenti dan karenanya memberi kesan kehampaan, kematian, kegelapan, kebinasaan, kerusakan dan kepunahan.
C O K L A T
Warna ini seringkali menunjukan ciri-ciri suka merebut, tidak suka memberi hati, kurang toleran, pesimis terhadap kesejahteraan dan kebahagian masa depan.
Respon Psikologi: Tanah/Bumi, Reliability, Comfort, Daya Tahan.
Kemasan makanan di Amerika sering memakai warna Coklat dan sangat sukses, tetapi di Columbia, warna Coklat untuk kemasan kurang begitu membawa hasil.
Kemasan makanan di Amerika sering memakai warna Coklat dan sangat sukses, tetapi di Columbia, warna Coklat untuk kemasan kurang begitu membawa hasil.
U N G U
Warna ini adalah campuran warna merah dan biru yang bersifat gempuran keras yang dilambangkan oleh warna biru. Perpaduan antara keintiman dan erotis atau menjurus pengertian yang mendalam dan peka. Sifatnya sedikit kurang teliti tetapi selalu penuh harapan.
Respon Psikologi: Spiritual, Misteri, Kebangsawanan, Transformasi, Kekasaran, Keangkuhan.
Belum ada tanggapan untuk "8 Arti Warna Dalam Pandangan Psikologi"
Posting Komentar