Search

Ketika Android Saya Bootloop...


Kemarin itu sempat panik, karena Lenovo S580 saya gak bisa dinyalakan. Ceritanya begini, saya sebel setelah menghidupkan ponsel, seringkali mendapat peringatan begini;

"Sayangnya, KeyguardTestActivity telah berhenti."

Kalau sudah mendapat pesan di layar seperti itu, maka tampilan sinyal/jaringan jadi berupa tanda tanya. Berkali-kali saya restart, tapi masih gak bisa normal. Lalu saya matikan dan hidupkan kembali, biasanya cara ini kadang berhasil kadang tidak. Tapi waktu itu sinyal masih tak muncul juga, padahal udah saya matikan-lepas baterai-hidupkan lagi, beberapa kali. Sama saja. Karena jengkel kemudian tanpa pikir panjang saya menuju ke Setting. Niatnya mau restore ulang, siapa tau setelah kembali ke setelan pabrik bisa normal lagi.

Tapi ternyata saya salah, proses factory reset gak berjalan semestinya. Smartphone saya gak hidup-hidup lagi!

Saya bingung, apa yang harus dilakukan? Saya tekan tombol power, tapi cuma bergetar sebentar dan muncul logo android. Lama saya tunggu, sambil saya tinggal untuk melakukan pekerjaan lain. Tapi tetap gak ada respon. Saya bener-bener gak ngerti, lalu saya copot baterai dan pasang lagi. Namun berapa lama pun menunggu, ketika dinyalakan tetap hanya sampai merk Lenovo.

Belakangan saya ketahui, ternyata android Lenovo S580 saya itu mengalami Hard Bootloop, entah akibat saya pernah Upgrade Operasi System ke Kitkat atau karena hal lainnya. Jadi kalau kamu gagal masuk ke menu home dan hanya berhenti pada logo smartphone, itu bisa dikatakan Bootloop.

Ada 3 kasus bootloop android, yaitu: Bootloop ringan, Bootloop biasa, dan Bootloop parah. Penyebab android bootloop bermacam-macam; seperti kegagalan sistem, kesalahan saat proses rooting hh, menginstall aplikasi yang tidak kompatibel, karena merubah file system Ui, dsb.

Jika android kamu bootloop, berikut cara mengatasinya; dengan flashing dan tanpa flashing.

∆ Light Bootloop
Permasalahan ini bisa terjadi karena kamu mengutak-atik sistem utama dan tidak menggunakan Recovery Mode, akibat dari light bootloop hanya bersifat sementara seperti blank screen.

Cara mengatasi:
Kamu bisa melakukan soft reset, yaitu dengan cara menekan dan menahan tombol power beberapa detik hingga muncul Pop Up menu, setelah itu silahkan pilih Power Off/Reboot/Restart Menu. Jika masih ada keanehan coba matikan, cabut baterainya dan tunggu beberapa saat lalu pasang dan nyalakan lagi.

∆ Medium Bootloop
Hal ini sering terjadi apabila kamu mencoba masuk ke system Recovery Mode dan menginstall script yang tidak jelas asal-usulnya.

Cara Mengatasi:
Sebelum mengutak-atik apapun yang ada dalam Recovery Mode sebaiknya lakukan backup agar nanti bisa direstore jika terjadi masalah.

∆ Hard Bootloop
Masalah ini adalah yang paling parah, seperti kasus saya--dimana kita tidak akan bisa masuk ke dalam menu homepage dan hanya stuck pada logo, bahkan ada yang kemudian restart berulang kali.

Cara Mengatasi:
Namanya hard bootloop jadi tak ada cara lain untuk mengatasinya selain dengan hard reset (format ulang). Disini saya akan coba jelaskan cara hard reset smartphone kamu, dan jika hard reset tak bisa maka terpaksa dengan flashing. Tapi jika ragu-ragu mending bawa aja ke service center.

Mengatasi masalah pada Lenovo S580 saat terjadi Hang / Not Responding / Malfungsi / Bootloop / Stuck / Freezing / Brick


Cara Hard Reset Lenovo S580

>Setelah android kamu mati, tekan tombol Volume Up + Volume Down + tombol Power secara bersamaan
>Tahan semuanya beberapa saat dan lepaskan apabila muncul logo Android pada layar
>Setelah itu tekan tombol Home untuk masuk ke Recovery Mode, hingga muncul gambar android hijau
>Tekan tombol Volume Down untuk memilih "wipe data/factory reset"
>Kemudian pilih Tombol Menu untuk konfirmasi
>Lanjutkan dengan memilih "Yes--delete all user data" (kembali gunakan tombol Volume untuk mengarahkan dan tombol Menu untuk memilih)
>Untuk melakukan restart, silahkan pilih "Reboot System Now"
>Berhasil, kamu telah melakukan Hard Reset.

Cara Flash Stock Rom Lenovo S580

Jika mengalami hang logo, kesalahan rooting, aplikasi berat, lupa pola kunci atau lupa password hingga brick, kita bisa melakukan update firmware selama handphone masih bisa masuk ke system recovery mode. Masalah seperti ini kadang bisa juga diatasi dengan Hard Reset seperti cara di atas. Tapi dalam kasus saya, karena telah update OS, maka mengatasinya juga dengan update Firmware.

Berikut yang harus kamu siapkan sebelum flasing update:
*.Smartphone Lenovo S580, baterai paling tidak harus terisi 50%
*.MicroSD (kartu memori)
*.Stock Rom Lenovo S580 [DOWNLOAD]

Tutorial Flashing Update dari Recovery Mode

>Download Stock Rom / Firmware Lenovo S580
>Selesai download. Masukan file tesebut di Root MicroSD (jangan di dalam folder)
>Ganti nama file yang di copy ke dalam memory card tadi dengan update.zip
>Matikan android dan masukkan memory card yang berisi file Update.zip
>Masuk ke mode Recovery seperti saat ingin Hard Reset; tekan dan tahan "volume atas + volume bawah + power" beberapa detik hingga muncul gambar robot android
>Pilih "wipe userdata" di recovery mode dengan memakai tombol volume untuk mengarahkan, dan tombol power untuk pilihan Ok
>Kemudian pilih "apply update from sdcard" (caranya sama; gunakan tombol volume dan power sebagai navigasi)
>Terakhir, pilih apply Update.zip
Proses update akan berjalan lumayan lama, tunggu saja hingga selesai. Kemudian pilih reboot untuk memulai Firmware yang baru.


:!: Warning
Melakukan proses Hard Reset atau Flashing akan membuat semua data yang tersimpan di dalam perangkat android tersebut hilang (terhapus). Jadi lakukan backup terlebih dahulu untuk semua data yang penting, tapi langkah ini masih dapat dilakukan jika smartphone masih dalam keadaan normal, jika ini terjadi dalam keadaan Bootloop kamu hanya bisa mengambil yang tersisa dalam kartu memory.

Demikian, semoga cara memperbaiki android bootloop bermanfaat dan bisa membantu.[]

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Ketika Android Saya Bootloop..."