Search

Cara Upgrade Otomatis OS Lenovo S580


How to update the operation system Lenovo S580 Smartphone? - Kita tahu bahwa Lenovo S580 telah dianugerahi dengan tampilan fisik yang lumayan serta kemampuan yang cukup baik untuk jenis smartphone low-end. Dan harganya pun saat ini hanya diatas satu jutaan. Namun sayang sistem operasinya masih JellyBean (Android 4.3). Yah, bagi sebagian orang Jellybean sebenarnya sudah cukup bagus dan tidak masalah, namun seiring perkembangan dalam dunia smartphone memang ketinggalan. Karena kebanyakan orang sudah pakai android 4.4 Kitkat dan 5.0 Lolipop bahkan ada yang sudah menanti-nanti beralih ke versi 6.0 Marsmallow.

Jadi tak ada salahnya jika kita ingin mengupgrade OS android juga. Kali ini yang saya jelaskan adalah cara upgrade Android merk Lenovo S580 karena sekarang saya pakai itu. :grin:

Smartphone Lenovo S580 mengizinkan kita untuk updade otomatis android ke Kitkat (saat ini). Oke, perhatikan hal-hal berikut sebelum meng-update smartphone kamu:

  • Back up data-data penting yang kamu simpan diponsel. Berdasarkan pengalaman, ponsel saya telah direset ulang beberapa saat setelah selesai upgrade. Meskipun ada pemberitahuan bahwa pembaruan tidak akan menghilangkan data, namun apa salahnya? Seperti nasib saya yang kehilangan foto-foto kenangan karena tidak memback-up data-data sebelumnya (sebab ada pemberitahuan yang mengatakan tidak akan menghilangkan data tadi). :cry:
  • Berikutnya yang harus diperhatikan adalah daya baterai smartphone kamu. Usahakan daya baterai lebih dari 50%. Bagaimanapun, untuk proses download membutuhkan banyak waktu. Saya sendiri waktu itu menghabiskan sampai satu jam lebih menunggu proses download selesai. Sempat ke-jeda tiga kali, hiks untung berhasil. #senengnyaaa
  • Selanjutnya periksa kuota kamu, banyak gak? Kemarin itu saya ngabisin kuota 850 MB lebih, hampir 1 GB bro. Lain lagi kalau ada sinyal wifi yang lancar di tempatmu, itu lebih bagus biar makin wuzzz prosesnya.

Well selebihnya silakan berdoa aja untuk ritual lanjutan...

Nah, sekarang saatnya ke tahap inti.

Cara Update Otomatis OS Lenovo S580 Tanpa PC

Step 1:
>Kunjungi menu Setting (Pengaturan)
>Scroll ke bawah, pilih About Phone (Tentang Ponsel)
>Klik System Update (Pembaruan Sistem)


>Pilih Pembaruan Jarak Jauh untuk update otomatis (jika pilih Pembaruan Lokal maka kamu harus punya scriptnya)
>Tunggu beberapa saat sistem mengecek pembaruan sampai muncul versi baru yang tersedia.

Step 2:
Tap pilihan versi baru yang disediakan dan tunggu sampai proses download hingga 100% untuk memulai update.

Step 3:
Setelah selesai, ikuti tahapan selanjutnya untuk me-restart ponsel kamu sampai benar-benar terlihat normal. Tunggu saja dan jangan diganggu gugat jika prosesnya agak lama.

Nanti kamu bisa melihat perubahan yang tampak pada androidmu setelah diupgrade.

Tampilan Smartphone Lenovo S580 sebelum dan sesudah diupdate ke Kitkat

Lenovo s580 OS Jellybean 4.3 (Sebelum upgrade)


Lenovo s580 OS Kitkat 4.4 (Setelah upgrade)


Lebih bagus mana? ;)

Perbedaan Android Kitkat dengan Jellybean

Namanya produk upgrade selalu memiliki nilai lebih. Begitu pula dengan Android KitKat 4.4 yang jelas sekali terlihat lebih keren dari Android Jellybean 4.3.

  • Yang sudah pasti nampak adalah Android Kitkat mempunyai layar tampilan dan navigasi lebih ciamik dibanding Android Jellybean. Lihat saja pada navigasi menu antarmuka, homepage android Kitkat dibuat transparan, sehingga terkesan lebih rapi dan mewah daripada Jellybean.
  • Android Kitkat kinerja OS-nya lebih ringan. Untuk RAM 1 GB, Kitkat hanya memerlukan 512 MB saja--sehingga akan lebih hemat RAM dibanding Jellybean yang butuh RAM lebih banyak. Kitkat telah dioptimalkan dengan spesifikasi kinerja perangkat yang lebih baik.
  • Tingkat security atau keamanan pada OS android Kitkat juga jauh lebih mumpuni.
  • Sebagai pengguna smartphone, kata canggih bukan hal asing lagi. Dengan android Kitkat, kita bisa menggunakan fitur Perintah Suara tanpa harus menyentuh layar (tergantung merk smartphone, Lenovo S580 support untuk fitur ini).
  • Menilik pada point awal, jika android Kitkat telah dioptimasi dengan kinerja yang lebih bagus, maka akan timbal balik dengan konsumsi baterai. Dimana android Kitkat mampu lebih hemat baterai 20% hingga 50% dibanding android Jellybean sebelumnya.

Lalu ada yang bilang, setelah upgrade OS baterai android jadi boros. Benarkah? Saya kira hal itu tak sepenuhnya benar. Sebab menurut pengalaman saya, boros atau tidaknya daya baterai smartphone itu tergantung dari pemakaian kita sendiri.

Jadi, ingin upgrade Lenovo S580 kamu ke Kitkat atau tetap pada Jellybean? Itu terserah kamu. Saya disini hanya share pengalaman, dan saya tidak menyesal sudah update OS android. :)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Upgrade Otomatis OS Lenovo S580"

Posting Komentar