Search

Ingin Selamat? Peliharalah Anggota Tubuh Kita

Bila kondisi dunia ini digantikan oleh kondisi akhirat—maka pada hari itu—sebagaimana dinyatakan dalam Al-Quran;
“Rahasia-rahasia akan di-ungkap dan tidak satu pun orang yang akan bisa menutup sesuatu atau mencari pertolongan dari orang lain.” [QS. ath-Thariq: 9-10]

Seluruh perbuatan yang telah tercatat tersebut akan dibuka dan mulai memberikan kesaksian. Semua tubuh akan bersaksi atas amal kita di dunia. Mata akan bersaksi atas apa yang dilihatnya, telinga akan bersaksi atas apa yang telah didengarnya, dan anggota tubuh lainnya sesuai perbuatannya.

  1. Manusia adalah mahkluk Allah yang sering kali membantah Perintah-Nya. Manusia dapat berbohong dan membantah saat bersaksi. Akan tetapi, anggota tubuh tidak bisa mengingkari berbagai hal yang telah dilakukannya.
  2. Kesaksian anggota tubuh dapat menyangkal semua alasan yang diungkapkan oleh mulut. Ketika di akhirat, orang-orang kafir dan munafik mengingkari segala perbuatan yang pernah mereka lakukan di dunia.
  3. Kesaksian anggota tubuh lebih terbukti benar daripada kesaksian lainnya. Saat hari perhitungan, mulut tidak bisa bersaksi karena telah dikunci oleh Allah.
Ketika hari perhitungan, mulut kita benar-benar terkunci, sedangkan tangan dan kaki akan bersaksi atas amal yang pernah kita lakukan. Tangan menceritakan segala sesuatu yang pernah dibuatnya. Sementar itu, kaki bercerita tentang berbagai tempat yang telah dikunjunginya.

Allah menjadikan mulut sebagai pembicara dan kaki sebagai saksinya. Hal ini dikarenakan semua perbuatan disandarkan pada tangan. Lidah juga bisa menjadi saksi. Sebenarnya, ketika perhitungan amal, mulut akan dikunci. Mengunci mulut tidak berarti mencegah bicara, tapi hanya menguncinya agar tidak berbicara menurut kehendaknya. Intinya, mulut tetap diperkenankan bersaksi aas segala sesuatu yang pernah dijalaninya.

Hari di mana seluruh musuh Tuhan akan digiring ke neraka, karena selanjutnya mereka akan berada di tempat yang di-tentukan bagi mereka, telinga, mata dan kulit pada tubuh mereka akan bersaksi atas dosa-dosa yang telah mereka lakukan. Mereka akan memandang anggota tubuh mereka dengan heran, dan berkata; “Bagaimana kamu bersaksi atas perbuatan-perbuatan kami?” Mereka akan menjawab, “Tuhan yang telah memberikan kemampuan berbicara kepada seluruh makhluk telah membuat kami bisa bicara. Dia yang telah menciptakan kamu pada awalnya, dan sekarang Dia membawamu kembali kepada-Nya. Kamu menyembunyi-kan perbuatan-perbuatan jahatmu bukan karena telinga, mata dan kulitmu tidak akan memberikan kesaksian pada hari ini, tetapi karena kamu membayangkan Tuhan tidak akan mengetahui apa yang kamu sembunyikan dari orang lain. Asumsi yang tidak berdasar inilah yang akan menyebabkan penderitaanmu, karena hari ini kamu berada pada barisan orang-orang yang merugi.” [QS. Fushshilat: 19-23]

Ayat ini menekankan bahwa manusia tidak mampu—di peristirahatan terakhirnya—menutupi dosa-dosa yang telah dia lakukan dengan anggota tubuhnya. Ini bukan karena dia meremehkan tubuhnya, yang akhirnya berubah menjadi alat untuk merekam perbuatan-perbuatannya, tetapi karena dia membayangkan bahwa hal-hal itu secara esensial adalah otonom, dan bahwasanya banyak yang telah dia lakukan berada di luar jangkauan pengetahuan Tuhan. Ketidaksadaran akan fakta bahwa tidak ada makhluk yang tersembunyi dari Tuhan inilah yang melemparkan manusia ke dalam lubang kepedihan abadi.

Tak jarang manusia menyembunyikan niat dan semua kejahatan dari Allah swt dan mengira Allah swt, tidak mengetahuinya. Akan tetapi, manusia tidak dapat menyembunyikannya dari pendengaran, penglihatan, dan kulit-kulit mereka sendiri.
Organ-organ tersebut akan membeberkan semua yang telah dikira oleh manusia dapat ditutupi dari Allah swt, Tuhan penguasa semesta alam. Sesungguhnya Dia adalah Allah swt, yang ditaati oleh anggota tubuh manusia dan mereka memenuhi panggilan-Nya.

Berbahagialah manusia yang senantiasa mengingat akhirat.Masihkan anda berjalan di jalan yang bengkok?!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ingin Selamat? Peliharalah Anggota Tubuh Kita"

Posting Komentar