Search

Apakah Rasa Takut Itu Phobia?


Apakah anda phobia  terhadap sesuatu? – Apa sih phobia itu? Apakah kalau kita takut terhadap sesuatu adalah phobia?

Seringkali kita mengartikan ‘phobia’ sebagai sesuatu yang ditakuti, misalnya seseorang takut terhadap kecoak lalu kita menyebutnya phobia kecoak, benarkah?

Mengutip dari duniapsikologi.com, Phobia merupakan reaksi manusiawi yang secara biologis merupakan mekanisme perlindungan bagi seseorang pada saat menghadapi bahaya. Emosi ketakutan  muncul pada saat orang menghadapi suatu ancaman yang membahayakan hidup atau salah satu bidang kehidupan tertentu. Ketakutan biasa disebut dengan tanda peringatan terhadap hidup, peringatan agar berhenti, melihat atau mendengarkan.

Saat dihadapkan pada peringatan serta ancaman yang sangat menuntut perhatian, rasa takut betul-betul memperlambat dan mengendalikan sejumlah besar emosi psikosomatis. Salah satu tujuan dari pengendalian adalah untuk membantu seseorang untuk menghindarkan diri dari bahaya dan mengatasinya. Bila seseorang diliputi rasa takut, kebahagiaan maupun sukses kita terancam, orang itu sering mengalami rasa nyeri pada perut, telapak tangan berkeringat, jantung berdenyut kencang, malas bergerak, gagap bicara dan lain sebagainya.

Kenapa Seseorang Bisa Phobia?
Fakta menunjukkan bahwa penyebab obyektif  dari rasa takut itu justru dilupakan seseorang, sehingga reaksinya terasa lebih berat, lebih cepat dan lalu menimbulkan kepanikan. Rasa takut yang sedemikian hebat ini sangat tidak sebanding dengan penyebabnya.
Inilah reaksi neurotik murni. Ketakutan inilah yang kita sebut dengan “Phobia”. Misalnya hanya dengan melihat kucing hitam, seseorang lalu khawatir akan mati. Padahal dengan melihat kucing hitam tentu seseorang tidak akan mati kecuali melihat kucing hitam sambil berdiri di tengah rel kereta api.

Berhadapan dengan situasi yang menakutkan, reaksi orang berbeda-beda, ada orang yang tidak takut anjing, tetapi ada mereka yang takut hanya mendengar gonggongannya. Tapi ada pula orang lain yang tidak terganggu gonggongan anjing. Jadi normal saja pada saat menghadapi bahaya tertentu orang merasa takut dan tingkat ketakutan itu biasanya sebanding dengan besar-kecilnya bahaya.

Jadi, Phobia adalah ketakutan neurotik  yang menunjukkan adanya reaksi-emosional yang tak sebanding dengan rangsangan. Penyebab ketakutakan itu tidak obyektif dan tidak sebanding dengan resiko jika menghadapi bahaya atau rangsangan tersebut.

So, jangan keliru jika anda takut kecoak bukan berarti anda phobia kecoak.[]

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apakah Rasa Takut Itu Phobia?"

Posting Komentar