Search

Jangan Abaikan Paragraf & Tanda Baca


Tips Menulis: Paragraf dan Tanda Baca
Oleh Isa Alamsyah

Kenapa sih perlu ada paragraph? Kenapa sih butuh tanda baca?

Ok saya gak jawab langsung, tapi kamu akan temukan jawabannya setelah membaca tulisan di bawah ini.
Sudah siap membaca?

Penulisan pertama:
namasayaisaalamsyahdansayapunyaakuntwitter@isaalamsyahdifacebookjugaada3akunyangberbedakarenatemanterbatashanya5000orangsajakarenaitusayaharusaktifkanakunkeempatagarmembukajalurkomunikasitambahan

Bagaimana?
Bisa membacanya?
Gampang atau sulit?

Nah sekarang bandingkan:

Penulisan kedua:
nama saya isa alamsyah dan saya punya akun twitter @isaalamsyah di facebook juga ada 3 akun yang berbeda karena teman terbatas hanya 5000 orang saja karena itu saya harus aktifkan akun keempat agar membuka jalur komunikasi tambahan.

Mana yang lebih jelas penulisan pertama atau kedua?

Coba bandingkan lagi:

Penulisan ketiga:
Nama saya Isa Alamsyah.
Saya punya akun twitter @isaalamsyah.
Di Facebook juga ada 3 akun yang berbeda, karena teman terbatas hanya 5000 orang saja.
Karena itu saya harus aktifkan akun keempat agar membuka jalur komunikasi tambahan.

Tanpa saya jelaskan, Anda sudah tahu kan kenapa kita butuh tanda baca dan aturan tulis? Karena itu mempermudah pemahaman.
Nah kalau mau tulisan kita mudah dimengerti, maka kita harus perhatikan tanda baca, huruf besar, paragraf dan aturan penulisan lainnya.

Seringkali ada yang excuse:
Saya nulis di hape jadi susah?

Itu yang namanya impian selalu ada harganya.
Ada istilah high pain high gain, atau artinya yang lebih capek akan dapat lebih banyak.

Nah kalau punya hape malas membuat tulisan dengan baik, risikonya orang malas baca karena memang membaca tulisan tanpa spasi tanpa huruf besar tanpa paragraf lebih melelahkan.

Orang yang pakai hape harus bekerja lebih keras menulis lebih lama tapi hasilnya memuaskan dan yang baca juga enak.

Atau tulis dulu seadanya, pas ketemu laptop atau warnet kirim naskah dalam kondisi prima.

Jadi kalau ada tulisan asal, banyak singkatan tidak jelas, bahasanya alay dan akibatnya tidak ada yang komen atau tidak banyak yang baca, bukan salah member yang lain, karena memang susah membaca tulisan yang tidak mengindahkan tanda baca dan penulisan yang benar, juga untuk kebaikan—baik penulis maupun pembacanya.

Tetap semangat ya...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jangan Abaikan Paragraf & Tanda Baca"

Posting Komentar