Search

Macam-macam Tes Psikologi


Sebenarnya ada banyak jenis dari tes psikologi, tapi kali ini Si Kepo hanya akan membahas tes yang sering digunakan saja; tes psikologi pada umumnya.

Macam-macam Tes Psikologi

Tes Kepribadian
Tes Pauli
Tes untuk mengukur sikap dan prestasi kerja; daya tahan, keuletan, sikap terhadap tekanan, daya penyesuaian, ketekunan, konsistensi, serta kendali diri.
DAM (Draw A Man) Test
Tes ini mengharuskan anda untuk menggambar seseorang, untuk kemudian anda deskripsikan usia, jenis kelamin dan aktifitas orang tersebut. Tes ini dipergunakan untuk mengetahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan dan ketahanan kerja.

Tes Intelegensi
CFIT (Culture Fair Intelegence Test)
Tes untuk mengungkap kemampuan mental umum.
TKD (Tes Kemampuan Dasar)
Tes untuk mengukur kemampuan dasar individu.

Contoh Tes Psikologi
Berikut adalah Tes Psikologi yang dibuat oleh seorang psikolog Amerika yang terkenal, George Brown, Phd. Tes ini diberikan untuk mengetahui apakah seseorang memiliki mentalitas sebagai seorang pembunuh atau tidak. Banyak narapidana kasus pembunuhan disuruh menjawab tes ini dan jawabannya benar.

Baca baik-baik pernyataannya!

Ini adalah cerita seorang gadis. Pada saat ada di upacara pemakaman ibunya yang baru meninggal, dia bertemu dengan seorang laki-laki yang belum pernah dia kenal sebelumnya. Dia sungguh tertarik dengan lelaki ini. Lelaki ini adalah pria idaman yang selalu dia impikan sejak dulu sehingga dia langsung jatuh cinta. Tapi sayang sekali setelah itu laki-laki tadi menghilang dan gadis tersebut tidak pernah bertemu dengan lelaki itu lagi.
Beberapa hari setelahnya, ada kejadian heboh. Gadis ini membunuh kakak perempuan kandungnya.

Pikirkan jawaban Anda!

Jika sudah, coba anda lihat kebenaran jawaban anda...

Gadis ini berharap bahwa lelaki idamannya akan muncul lagi di pemakaman kakak perempuannya!

Kalau jawabanmu benar, berarti kamu telah berpikir seperti seorang psikopat. Jika jawabanmu salah, ini sungguh baik. Namun jika ada salah satu teman yang betul dalam menjawab, kamu perlu berpikir untuk menjauhi orang tersebut.[]

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Macam-macam Tes Psikologi"

Posting Komentar