Search

3 Alasan Orang Takut Hantu


Pernah terpikir ‘mengapa banyak orang yang takut dengan hantu?’ Padahal yah, menurut guru SD saia dulu..hantu itu tidak ada. Yang ada itu Setan & Jin, iya... jadi menurut beliau setan dan jin inilah yang kerap mengganggu manusia. Bahkan mereka jualah kedok dibalik kehadiran Ms. Kunkun, Mr. Poci, serta makhluk-makhluk gentayangan lainnya.

Tapi tetep aja yach, kita hanya manusia biasa memang wajar punya rasa takut. Apalagi terhadap makhluk jelek yang sering disebut hantu itu. Nah, menurut kaca mata saia setidaknya ada 3 hal yang mendasari seseorang bisa takut dengan hantu.

1. Sejak kecil sudah tersugesti takut hantu.
Yup, kebanyakan orang tua dan orang-orang di sekeliling kita sering menceritakan tentang hantu, jin dan apalah namanya dengan alur yang menyeramkan. Biasanya sih mereka menakut-nakuti kita supaya tidak nakal dan agar menurut sama orang tua. Seperti sepupu saia yang paling kecil itu, biasanya susah banget saat disuruh makan. Mamanya lalu bilang: “kalo ga nurut sama mamah nanti ditangkap hantu!” atau “ada hantu, ayo cepet bobok!”. Karena kebiasaan ditakut-takuti itulah dia jadi takut kalau mendengar orang menyebut hantu.

2. Maraknya film horror.
Seperti yang pernah saia bahas sebelumnya tentang pro kontra tayangan setan, dimana produser film horor sering menyuguhkan hantu-hantu dengan penampilan yang sangat menakutkan dengan alasan untuk membuat film mereka laku. Mereka menggambarkan hantu dengan wajah yang sangat seram, bersimbah darah, melayang-layang, dst. Alhasil banyak orang yang mendengar bunyi krasak-krusuk aja udah berpikir yang nggak-nggak. Lebih parah lagi ada yang takut sama bayangan sendiri..ckckk

3. Lemahnya iman.
Fakta membuktikan orang dengan iman yang kuat tidak akan takut dengan yang namanya hantu. Dengan kuatnya iman perasaan kita akan menjadi tenang dan damai karena kita yakin bahwa setan itu hanya salah satu media untuk menguji kita. Jadi dengan iman yang kuat kita tidak akan merasa takut meskipun berada di sarang setan yang sangat menyeramkan sekalipun.

Intinya, seseorang bisa takut dengan hantu karena dalam dirinya sudah tertanam keyakinan akan semua kejelekan hantu, setan, siluman, jin, dsb. Sehingga walau belum pernah melihat ataupun bertemu secara langsung, namun banyak yang takut dengan hantu karena dalam pikiran dan imajinasi sudah terekam bagaimana menakutkan dan menyeramkannya sosok hantu itu.

Coba pikir, ngapaen yaa kita takut sama hantu? Toh hidup-mati kita ada ditangan Tuhan...

Kalo nyontek caranya Mbah Pocong.. Ini mungkin karena plesetan kata, yang harusnya ditakuti itukan Tuhan bukan hantu. Yaitu ketika ‘ada hantu’ lantas simbah bilang: Itu hantu.. han..tu..han... tu..han! :evil:

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "3 Alasan Orang Takut Hantu"

Posting Komentar