Search

Bingung Lamaran Kerja Ditolak?


Anda seorang sarjana? Jago berbahasa asing? Belum punya pekerjaan? Kaciaan dech lo..!

Hoho, tunggu dulu..! Ada beberapa alasan kenapa orang belum bekerja, bisa jadi karena memang terlanjur kaya hingga uang tanpa dicari datang sendiri. Atau mungkin anda tipe orang yang pilih-pilih dalam mencari kerja, tak mau kerja yang berat-berat karena ingin mengirit tenaga? Iya bisa jadi..

Tapi bagaimana jika seandainya, anda sudah membuat dan mengirim ribuan surat lamaran kerja namun belum ada balasan? Atau selalu ditolak? Kalau memang begitu mungkin surat lamaran anda yang bermasalah.

Tidak hanya seperti melamar seorang gadis yang memerlukan PDKT, membuat surat lamaran kerja juga perlu kesungguhan. Anda harus punya tujuan yang jelas kenapa ingin bekerja di tempat impian anda. Penting untuk menyukai pekerjaan, sebab bekerja yang tak sesuai minat maupun bakat akan sangat membosankan.

Berikut ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis surat lamaran kerja:
1)      Jangan Terlalu Banyak Singkatan dalam Penulisan.
Contoh:
Dgn Hrmt,
ttrk dgn ikln lwgn krj yg dmt pd srt kbr edisi sls , sy brmskd mengisi lwgn yg bpk bthkn, sjk thn 2010 - 2011 sy tlh bkj di aptk kmy farma , prnh bkrj jg di bag cln srv. pd thn 2012, slnjtny sy bkj di LC bank sbg kabag keu. dri awl thn 2013- smp skrg jd tkg pkr di BIp...... dst
Itu ngetik sms atw apah? pelit banget sama huruf ya, ckckck

2)      Jangan Banyak Menyertakan Lampiran.
Contoh:
Sebagai bahan pertimbangan bapak , bersama ini sengaja saya sertakan:
  1. fotocopy KTP kakek saya;
  2. fotocopy KTP bapak saya;
  3. pas foto saya waktu disunat;
  4. surat kelakuan baik seluruh keluarga saya;
  5. bon hutang saya selama 1 tahun di warung mpok ijah;
  6. proposal permintaan sumbangan pembangunan mesjid di Rt saya;
  7. …..
kenapa gak sekalian aja lampirkan surat tanah sama buku nikah?

3)      Jangan Menggunakan Bahasa Sok Gaul
Contoh:
Dgn h0rmat b4ng3t , b0ss!!!!
h4lo c4Lon Boss gw y9 terrh0rm4tz, gw B4eDow1 p4n9gilanNya baibae, c4pcuZz deeeChhh!!!! aPa cabar nich.....? baik-baik aja duong , 1yY4 kh4n? iyya duong , b3ner kh4n? bEn3r du0n9....? 9w mo ng3lam4r k3rja n1ch..boleh dong...pliiiissss...boleh ya...? p4ztie boleh duongz!
no comment ahh.......

4)      Jangan Sekali-kali Pakai Bahasa Preman.
Contoh:
hei bro, gue pernah kerja di kantor bokap , tapi lantaran gue sering bolos sama sering ngegodain sekretaris kantor, gue dikeluarin, settaaann!!!!
makanya sekarang gue ngelamar kerja di kantor elo , ga usah khawatir soal jabatan deh.....gue sih yg penting dibayar gede sama elo. ok deh!! gue tunggu panggilan kerja dari elo di rumah gue, kalo sampe tiga hari belom juga ada panggilan , elo bakal tau sendiri akibatnya....!!!! camkan!!!!
gak niat banget..

5)      Gak Usah Sok Akrab.
Contoh:
Dengan hormat ,
hai apa kabar nich...? baik baik aja kan...?
saya juga ketika menulis surat ini dalam keadaan sehat wal’afiat, semoga kamu juga baik baik aja seperti saya disini. ngomong ngomong gimana kabar anak-anak, sehat kan..? istri pasti makin cantik aja.....salam aja ya buat mereka. oya ..hampir lupa, saya bermaksud melamar pekerjaan pada perusahaan kamu bisa kan,.,,..?
mo ngelamar kerja atau ngajak ngobrol??

6)      Usahakan Jangan Terlalu Resmi dan Bertele-tele
Contoh:
Dengan hormat,
Setelah saya membaca iklan lowongan pekerjaan di surat kabar ternama di ibukota , saya sangat tertarik dengan iklan yang anda muat disitu. oleh karena itu saya bermaksud untuk melamar pekerjaan tersebut dan juga sekalian harapan saya , dengan surat lamaran ini kita bisa mempererat tali silaturahmi antara kita berdua , bukankah dalam agama pun telah diterangkan betapa pentingnya arti sebuah silaturahmi... karena itu sebagai sesama muslim ada baiknya anda menerima saya demi menyambung tali silaturrahmi di antara kita….
hehe, kayak ceramah aja ya......

Nah, itulah beberapa point yang harus anda perhatikan saat membuat surat lamaran pekerjaan. Silakan coba buat lagi dan jangan lupa berdoa, yang penting jangan pernah menyerah dalam berusaha, bila waktunya tiba lamaran anda pasti diterima.
Terimakasih buat pengunjung dari search engine yang mungkin nyasar kesini dengan kata kunci; cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benartips membuat lamaran kerja; cara menulis surat lamaran kerja; alasan kenapa lamaran kerja ditolak; kesalahan dalam penulisan surat lamaran kerja.

Semoga kebingungan anda mengenai lamaran kerja yang selalu ditolak terjawabkan.. :P

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bingung Lamaran Kerja Ditolak?"

Posting Komentar